14.10.07

Kasus Korupsi:ICW: Terdakwa Sakit Jadi Tren

 
----- Original Message -----
From: Sunny
Sent: Sunday, October 14, 2007 3:46 AM
Subject: [mediacare] Kasus Korupsi:ICW: Terdakwa Sakit Jadi Tren

 
Kamis, 11 Oktober 2007
 
 
Kasus Korupsi:ICW: Terdakwa Sakit Jadi Tren
 

JAKARTA (Lampost): Indonesian Corruption Watch (ICW) mengingatkan kejaksaan agar mewaspadai tersangka atau terdakwa kasus korupsi yang berpura-pura sakit. Hal itu dilakukan untuk memperlambat proses persidangan dan tujuan akhirnya mendapat pembebasan bersyarat.

Demikian disampaikan aktivis ICW Emerson Yuntho, Rabu (10-10), menanggapi pingsannya terdakwa kasus korupsi Bulog Widjanarko Puspoyo saat di sidang di Pengadilan Jakarta Selatan, Selasa (9-10). "Kejaksaan jangan langsung percaya kepada dokter yang ditunjuk pengacara atau keluarga. Bisa saja itu hanya trik. Ini sudah menjadi tren," kata Yuntho.

Ia menyarankan jaksa maupun hakim mengajak dokter lain membuat second opinion, apakah tersangka benar-benar sakit ataukah hanya berpura-pura. "Jadi, jangan mendengarkan pendapat satu pihak saja," ujarnya.

Menurut Yuntho, banyak tersangka kasus korupsi pura-pura sakit untuk memperlambat persidangan untuk memperoleh pembebasan bersyarat. "Dahulu Abdullah Puteh dinyatakan sakit, tapi oleh tim dokter KPK dinyatakan sehat-sehat saja. Sakit itu bisa diatur kok," ujarnya.

Mantan Direktur Utama Perum Bulog Widjanarko Puspoyo dua kali menjalani pemeriksaan kesehatan di Rumah Sakit Pusat Pertamina selama masa penahanan. Hasilnya menunjukkan Widjan sehat-sehat saja. Menanggapi hal ini, Direktur Penuntutan Jampidsus Salman Maryadi mengatakan meskipun kuasa hukum Widjan, O.C. Kaligis, menyebutkan hasil pemeriksaan di Klinik Prodia menunjukkan kolesterol kliennya tinggi, jaksa tetap percaya pada hasil pemeriksaan dokter RSPP. "Kami tetapi meyakini pemeriksaan RSPP," ujar dia.

Menurut Salman, kejaksaan keberatan jika Widjan menjalani rawat jalan seperti yang diminta pengacaranya. "Selama dokter menyatakan normal, kami keberatan kalau rawat jalan. Namun, semua bergantung pada Majelis Hakim," ujarnya.

Menurut O.C. Kaligis, hasil pemeriksaan Klinik Prodia hari Jumat (5-10) menunjukkan kolesterol Widjan mencapai 242 dari batas normal 240. Pada hari Selasa (9-10), Widjan dikembalikan ke LP Cipinang. Sebelumnya, tanggal 31 Mei 2007, Widjan sempat dilarikan ke RSPP dari LP Cipinang karena masalah jantung. Namun, dokter mempersilakan Widjan kembali ke LP karena sakit yang dideritanya tidak parah. n U-2

__._,_.___
Recent Activity
Visit Your Group
Yahoo! Finance

It's Now Personal

Guides, news,

advice & more.

New business?

Get new customers.

List your web site

in Yahoo! Search.

Yahoo! Groups

Be a Better Planet

Share with others

Help the Planet.

.

__,_._,___


No virus found in this incoming message.
Checked by AVG Free Edition.
Version: 7.5.488 / Virus Database: 269.14.9/1069 - Release Date: 13/10/2007 19:26

Sphere: Related Content

No comments: