19.1.08

Aksi Tuntut Soeharto Berakhir Rusuh


Sejumlah pengunjukrasa dari Kesatuan Rakyat Adili Soeharto berdemo di kawasan RS Pusat Pertamina, Jakarta, (19/1). Aksi yang awalnya berjalan damai berakhir rusuh. Foto: ANTARA/Fanny Octavianus



TEMPO Interaktif, Jakarta: Aksi unjuk rasa menuntut peradilan atas mantan presiden Soeharto di kawasan Lingkar Kyai Maja Jakarta Selatan hari ini berakhir rusuh.

Aparat menghalau paksa pengunjuk rasa dengan memanfaatkan kendaraan umum yang melintas di ruas tersebut. Dalam peristiwa ini, sedikitnya 3 orang diamankan aparat.

Unjuk rasa yang dimulai pukul 14.00 WIB ini diawali dengan kedatangan 100 pengunjuk rasa gabungan dari elemen Forum Kota, Pena 98, FAM UI, PMKRI serta Imparsial. Massa datang dari arah Jalan Barito menuju Kyai Maja, tempat dirawatnya Soeharto.

Namun saat akan menuju Rumah Sakit Pusat Pertamina di Jalan Kyai Maja, pengunjuk rasa dihadang barisan polisi berseragam anti huru-hara. Akhirnya massa berorasi dipertigaan Barito - Kyai Maja - Ahmad Dahlan.

Situasi yang awalnya kondusif berubah rusuh, tatkala spanduk raksasa yang dibawa massa ditarik paksa aparat sekitar pukul 14.46 WIB. Selain itu, polisi memanfaatkan laju Metromini yang awalnya ditahan dimuka jalan Barito, sebagai media untuk mengusir massa.

Fery Firmansyah


sumber:

Sphere: Related Content

No comments: