28.1.08

Benderaku terlalu mahal untuk dikibarkan hari ini

Oleh: Djadi Tjahjono

Tadi pagi sebelum berangkat kerja aku sempat jalan jalan di sekitar rumahku, dan aku melihat sebagian tetangga sudah mengibarkan Bendera setengah tiang.

Aku tidak tahu apa motif mereka mengibarkan Bendera. Apakah karena terlalu berduka karena wafatnya "Bapak Pembangunan", mematuhi Intruksi Pemerintah untuk berkabung selama 7 hari, atau hanya sekedar ikut-ikutan? Entahlah, apapun motifnya itu hak mereka dan aku sangat menghargai.

Sesampai dirumah aku berpikir, sebaiknya aku ikut mengibarkan Bendera atau tidak? Dan aku memutuskan untuk tidak ikut mengibarkan Bendera. Kemudian aku berpikir lagi apakah
pantas? Aku rasa tidak mengibarkan Bendera jauh lebih pantas daripada aku mengikuti keinginan isengku untuk mengibarkan bekas Celana Kolorku yang sudah berubah fungsi menjadi Kain Pel, karena kalau aku ikuti keinginan isengku bisa menyinggung perasaaan tetangga yang mengibarkan Bendera. Salah satu pertimbangan ku untuk tidak mengibarkan Bendera setengah tiang adalah, aku takut Benderaku menjadi robek / pudar apabila dikibarkan selama 7 hari sehingga nanti pada saat 17 Agustus menjadi kurang layak berkibar. Aku merasa Bendera ku yang dibeli oleh istriku seharga Rp 20.000,- terlalu mahal untuk dikibarkan hari ini.

Seandainya nanti sore Pak RT datang kerumah dan menyarankan untuk mengibarkan Bendera, terpaksa aku harus berbohong. Aku akan beralasan bahwa aku sudah mencari Bendera di lemari tetapi tidak ketemu, dan saat ini sedang tanggung bulan sehingga aku tidak memiliki cukup uang untuk membeli Bendera. Pak RT ku yang kebetulan orang Jawa pasti tahu bahwa saya sedang berbohong, tetapi aku yakin beliau pasti lebih suka jawaban itu daripada aku berkata jujur seperti ini : Pak, Bendera saya masih ada tapi saya merasa sayang untuk dikibarkan hari ini, jadi mohon maaf terpaksa saya tidak bisa memenuhi anjuran bapak. Kalau tidak salah berbohong yang seperti ini disebut Goroh Sembodo.

Semoga saja tetanggaku yang sedang mengibarkan Bendera juga bisa menghargai hak ku untuk menyimpan Benderaku agar awet atau semoga saja ada saudara saudara RKB yang berkenan untuk mengirimkan Bendera sehingga aku tidak harus membohongi Pak RT. Karena Sekali lagi Bendera Seharga Rp 20 ribu milik pribadi ku sangat berharga dan terlalu mahal untuk dikibarkan hari ini.

Salam hangat

djadi_tj

Sphere: Related Content

No comments: