15.1.08

Dimana etika jurnalis Indonesia?

Sebelumnya saya ucapkan salut kepada rekan - rekan jurnalis baik dalam maupun luar negeri, yang sudah setia menunggu perkembangan kondisi kesehatan Pak Harto di RSPP selama hampir dua pekan ini. Kebetulan saya juga mendapat tugas dari kantor untuk ikut meliput bersama rekan - rekan di sana.

Tapi selain salut saya juga prihatin. Bukan prihatin karena kami yang bagaikan tuna wisma yang tidur di emperan toko, dan berebut makanan atau minuman yang datang, tapi prihatin dengan etika yang dimiliki jurnalis, khususnya dalam negeri.

Ketika mantan Perdana Menteri Singapura Lee Kuan Yew menjenguk Pak Harto di RSPP Minggu (13/01) kemarin, rasa keprihatinan itu muncul. Yaa biasalah, demi mendapatkan gambar terbaik, kami biasa memanggil atau bahkan meneriakan nama narasumber yang dituju. Begitu juga dengan yang kami lakukan kepada Lee Kuan Yew, dengan memanggil nama depannya, "Lee".

Tapi sungguh sangat terkejut saya sewaktu mendengar ada teriakan dari beberapa rekan jurnalis dalam negeri (entah siapa namanya, karena jumlah jurnalis saat itu saya pastikan lebih dari 100 orang) yang memanggil ayah PM Singapura saat ini, Lee Hsien Loong itu dengan teriakan macam - macam, seperti "Lee...... Jet Lee............" hingga "Jackie Chan......".

Maaf bagi rekan - rekan yang merasa melakukan tindakan tersebut. Tapi bagi saya tindakan tersebut sangat tidak ber-etika. Karena bagaimanapun juga, beliau adalah mantan Kepala Negara, dan juga orang tua yang tahun ini menginjak usia 84 tahun, yang juga harus kita hormati. Apalagi tindakan tersebut sangat jomplang dengan rekan - rekan jurnalis luar negeri yang memanggilnya dengan sangat sopan, "Mr Lee". Dan saya yakin, Lee Kuan Yew pasti mendengar pelecehan namanya, karena teriakan itu cukup keras memecah keriuhan.

Sekali lagi saya merasa prihatin, dan semoga kejadian ini menjadi pelajaran bagi kita semua untuk bertindak lebih sopan, beretika, dan menunjukkan kepada dunia sebagai bangsa yang berjiwa besar, bermoral, beradab dan beretika.

Terima kasih.


Wahyu Wiwoho
GLOBAL TV

e-mail: wahyu.wiwoho@yahoo.com

Sphere: Related Content

No comments: