15.1.08

Istana siapkan fasilitas dan upacara pemakaman Soeharto

TEMPO Interaktif, Jakarta:Istana kepresidenan telah menyiapkan fasilitas dan upacara pemakaman jika mantan Presiden Soeharto meninggal dunia.

"Kami sudah stand by apa yang dibutuhkan," kata Kepala Rumah Tangga Kepresidenan Ahmad Rusdi ketika dihubungi Tempo melalui telepon selulernya di Jakarta, Senin (14/1).

Fasilitas yang dibutuhkan untuk pemakaman, Rusdi mencontohkan, adalah pesawat Hercules untuk mengangkut jenazah. Sedangkan di Astana Giribangun, persiapan fasilitas dilakukan oleh pemerintah daerah setempat.

Dihubungi terpisah, Sekretaris Militer Kepresidenan Mayor Jenderal Bambang Sutedjo mengatakan istana akan mengurus upacara militer pemakaman jika Soeharto meninggal.

Namun hingga saat ini Bambang mengaku belum menentukan siapa saja personel yang akan melaksanakan upacara militer. "Belum. Nanti kan tinggal ngambil (personel)," kata Bambang.

Bambang juga mengaku belum mengetahui dua skenario pengantaran jenazah jika Soeharto meninggal. Salah satu media elektronik lokal menyebutkan Markas Besar TNI telah menyiapkan dua skenario pemakaman, yaitu jenazah disemayamkan di Landasan Udara Halim Perdanakusumah dan di Cendana sebelum dimakamkan di Astana Giribangun. "Kalau itu (rute pengantaran jenazah), urusan keluarga," kata Bambang. FANNY FEBIANA


sumber:

Selasa, 15 Januari 2008 | 00:47 WIB

Sphere: Related Content

No comments: