11.1.08

Soeharto Alami Kegagalan Multi Organ

sumber: gatra.com

Soeharto Alami Kegagalan Multi Organ

Jakarta, 12 Januari 2008 01:16
Tim Dokter Kepresidenan menyatakan mantan Presiden Soeharto, mengalami kegagalan yang meliputi jantung, paru-paru, ginjal, dan otak.

"Saat ini, tim dokter kepresidenan berupaya dengan memasang ventilator untuk mengatur nafasnya dengan kondisi ditidurkan," kata Ketua Tim Dokter Kepresidenan, dr Mardjo Soebandiono, dalam jumpa persnya di Jakarta, Jum`at malam (11/1).

Mardjo mengatakan, tim dokter berusaha mengatur nafas Pak Harto untuk mengembalikan pada kondisi normal, karena normalnya bernafas 18 kali/menit.

Saat kondisinya sangat kritis, kata Mardjo, tekanan darahnya meningkat menjadi 130/70 milimeter Hg, padahal sebelumnya kondisi Soeharto sedikit demi sedikit mulai membaik.

Tim dokter sendiri belum dapat memastikan kapan ventilator itu dapat dilepas. "Kita harapkan dalam waktu beberapa hari ke depan, beliau segera pulih," katanya.

Sebelumnya dilaporkan, Soeharto mengalami kegagalan multi organ hingga harus mendapatkan pertolongan resusitasi atau pertolongan pernafasan pada pasien agar ia bisa bernafas kembali.

Mardjo mengatakan, saat ini sudah dipasang alat bantu pernafasan (ventilator), dan kondisi Soeharto dalam keadaan ditidurkan. "Saat ini kondisi beliau, labil dan sangat kritis," katanya. [EL, Ant]

Sphere: Related Content

No comments: