11.1.08

Soeharto Tak Memikul Beban Sendiri, Kata Amien Rais

11/01/08 14:34

Soeharto Tak Memikul Beban Sendiri, Kata Amien Rais


Padang (ANTARA News) - Mantan Ketua MPR, Amien Rais, menyatakan kita (Bangsa Indonesia, red) harus mengingat mantan Presiden Soeharto tidak memikul beban (kesalahan) sendiri, karena ada 1.000 anggota MPR (selama era Orde Baru) terus mengiyakan (tidak menolak, red) keputusan Soeharto.

 

"Tidak ada yang pernah mengatakan tidak, sehingga Pak Harto tidak pernah dioposisi dan ditentang," kata Amien menjawab ANTARA di Padang, Jumat.

 

Hal itu disampaikannya, terkait tuntutan hukum terhadap Soeharto saat berkuasa selama 32 tahun kepemimpinannya sebagai Presiden RI.

 

"Jadi sesungguhnya Soeharto, kesalahannyapun juga harus ditimpakan kepada semua anggota MPR yang menjadi `Yes man dan yes women` itu, kata Amien.

 

Terhadap kondisi itu, menurut dia, harus diambil keputusan, karena dalam masalah seperti ini semua sama-sama tergantung. Bangsa ini tergantung, dan Pak Harto terkatung-katung di rumah sakit.

 

Ditanya keputusan apa yang harus dibuat, Amien mengatakan kalau boleh memberikan masukan, saya tahu masukan ini terlalu berat untuk diikuti.

 

Ia mengambil contoh, apa yang diputuskan Nabi Muhammad SAW setelah menang perang lawan kaum Qurais dan kembali ke Makkah.

 

"Saat itu, Nabi Muhammad kembali ke Makkah dengan kemenangan telak. Seluruh musuh Nabi yang sebelumnya membunuh, menjarah harta benda, mengusir dan memperkosa putri-putri kaum Muslim, sudah gemeteran karena akan dipancung lehernya," katanya.

 

Ternyata Nabi mengundang mereka ke lapangan dan dari atas sebuah bukit, Nabi menyampaikan kata-kata "Sekarang pergilah kemana pun kamu suka, kamu sudah menjadi manusia yang merdeka".

 

"Kalau misalnya, teladan Nabi Muhammad SAW ini kita (bangsa Indonesia, red) kerjakan, itu alangkah baik," kata Amien Rais.

 

"Saya tahu masukan ini terlalu berat untuk diikuti," tambahnya.

 

Meski demikian, kepada pemerintahan Presiden Soesilo Bambang Yudhoyono, Amien tetap meminta agar juga segera mengambil keputusan dan jangan digantung seperti saat ini.

 

"Kasihan bangsa ini dan kasihan Soeharto," katanya. (*)
 
 
 
http://www.antara.co.id/arc/2008/1/11/soeharto-tak-memikul-beban-sendiri-kata-amien-rais/

Sphere: Related Content

No comments: