5.1.08

Tubuh Membengkak,Pak Harto Masuk RSPP

 
----- Original Message -----
From: Sunny
Sent: Saturday, January 05, 2008 6:34 AM
Subject: [zamanku] Tubuh Membengkak,Pak Harto Masuk RSPP

REFLEKSI: Bukan saja tubuh membengkak, tetapi duit hasil korupsi haram yang didepositkan di berbagai bank berlipat-lipat ganda membengkak.
 
 
 
TOKOH NASIONAL
Tubuh Membengkak,
Pak Harto Masuk RSPP

TIM DOKTER - PJS Direktur RSP Pertamina Djoko Sanjoto (kiri) didampingi Ketua tim dokter kepresidenan Djoko Raharjo memberikan keterangan medis mantan presiden Soeharto di RSP Pertamina, Jakarta, Jumat (4/1). Mantan presiden Soeharto kembali menjalani perawatan kesehatan akibat penyakit yang dialaminya. (Ant/Jefri Aries)

Sabtu, 5 Januari 2008
JAKARTA (Suara Karya): Untuk ke sekian kali, mantan Presiden Soeharto harus dirawat di rumah sakit. Seperti biasa, mantan orang kuat di Indonesia itu dirawat di Rumah Sakit Pusat Pertamina (RSPP) Jakarta.

Pak Harto tiba di RSPP, Jumat sekitar pukul 14.15, dan langsung dibawa ke ruang President Suite di lantai lima. Direktur RSPP Djoko Sanjoto menjelaskan kepada pers, Pak Harto mengalami gangguan kesehatan sejak lima hari lalu.

"Kala itu, dia merasa lemas. Tim dokter yang melakukan pemerinsaan menemukan kadar hemoglobin Pak harto darah rendah. Tekanan darah turun, serta ada oedem atau penimbunan cairan di seluruh tubuh sehingga tubuh Pak harto membengkak," kata Djoko. Dia menambahkan, saat ini kondisi Pak Harto stabil dan 100 persen sadar.

Tim dokter sebenarnya sudah berusaha menangani kesehatan Pak harto di rumah. Namun karena kondisinya memerlukan perawatan intensif, akhirnya dia dibawa ke rumah sakit.

Pemeriksaan dan diagnosis masih dilakukan. Pemeriksaan meliputi USG, CT-scan, dan foto paru-paru. Guna meningkatkan kondisi Pak Harto, tim dokter di RSPP memberi cairan infus dan memasang alat pengontrol cairan tubuh (CVP).

Namun belum bisa diterangkan, apakah penyakit yang diderita Pak Harto itu berbahaya atau tidak. "Kami belum bisa menyimpulkan karena pasien baru masuk, dan masih didiagnosis," ujar Djoko.

Dia menerangkan, kontrol serta pemeriksaan akan terus dilakukan tim dokter. Menurut rencana, Sabtu ini, Pak Harto terus menjalani sejumlah pemeriksaan. "Pemeriksaan untuk melihat kondisi jantung dan lain-lain," tutur Djoko.

Hingga berita ini diturunkan, semalam, belum satu pun pejabat negara yang menjenguk Pak Harto. Yang terlihat baru mantan Mensesneg Moerdiono yang datang sekitar pukul 17.10 WIB.

Saat ditanya wartawan, Moerdiono yang datang sendirian mengaku baru mengetahui keberadaan Pak Harto di RSPP sekitar pukul 16.00 WIB.

Pak Harto dirawat di lantai lima, yakini di President Suite I-II Nomor 536. Biaya rawat inap di ruang tersebut Rp 2,5 juta per malam. "Itu hanya untuk ruangan. Belum termasuk obat dan dokter," kata Humas RSPP Titi Wahyuni.

Dia menggambarkan, kamar rawat inap yang ditempati Pak Harto memang megah. Ruangan tersebut dilengkapi dapur kecil, sofa untuk pengunjung, dan tempat tidur ekstra untuk pengunjung yang menginap.

Menurut Titi, siapa saja bisa dirawat di ruangan tersebut. "Yang penting mampu membayar," katanya.

Di depan ruangan tempat Pak Harto dirawat, tiga petugas satuan pengamanan (satpam) terus bersiaga. Penjagaan di RSPP ini juga sudah mulai diperketat saat orang memasuki lantai lima. Lorong yang mengarah ke ruang President Suite dipasangi sekat kayu setinggi satu meter yang dilapisi kain warna putih.

"Segala sesuatu di sini melalui direktur. Silakan tunggu di bawah," ujar seorang satpam berpakaian safari warna abu-abu kepada wartawan. (Budi Seno
__._,_.___

Ingin bergabung di zamanku? Kirim email kosong ke: zamanku-subscribe@yahoogroups.com

Klik: http://zamanku.blogspot.com




Your email settings: Individual Email|Traditional
Change settings via the Web (Yahoo! ID required)
Change settings via email: Switch delivery to Daily Digest | Switch to Fully Featured
Visit Your Group | Yahoo! Groups Terms of Use | Unsubscribe

__,_._,___


No virus found in this incoming message.
Checked by AVG Free Edition.
Version: 7.5.516 / Virus Database: 269.17.13/1208 - Release Date: 03/01/2008 15:52

Sphere: Related Content

No comments: