27.1.08

Wafatnya mantan presiden Suharto

Akhirnya, setelah dirawat di Rumah Sakit Pertamina Pusat sejak tanggal 4 Januari 2008 maka mantan presiden Suharto telah wafat pada hari Minggu tanggal 27 Januari 2008 jam 13.10 WIB. Wafatnya Suharto sudah tentu merupakan kehilangan yang besar sekali bagi keluarganya, terutama anak-anaknya, serta para kerabat dekatnya.

Wafatnya mantan pemimpin Orde Baru ini menimbulkan juga bermacam-macam reaksi dalam masyarakat. Ini adalah wajar sekali, sebab Suharto bukanlah "tokoh"sembarangan dalam sejarah Republik Indonesia. Suharto dianggap oleh sebagian rakyat "berjasa besar", karena sudah berhasil menumpas G30S dan menggulingkan kekuasaan politik presiden Sukarno, dan membangun rejim militer yang sangat kuat. Tetapi, sebaliknya, ia juga dianggap oleh sebagian lainnya dari rakyat Indonesia sebagai orang yang banyak kesalahannya atau besar dosa-dosanya, karena melakukan korupsi besar-besaran dan pelanggaran HAM yang sangat parah.

Karenanya, kita akan menyaksikan bahwa wafatnya Suharto ini tidak saja meninggalkan dukacita bagi anak-anaknya dan kerabat dekatnya, melainkan juga akan mewariskan banyak persoalan dan kesulitan, baik bagi keluarganya maupun bagi para pendukung setianya. Artinya, Suharto telah wafat, tetapi banyak persoalan yang menyangkut dirinya dan keluarganya masih akan terus menjadi problem yang cukup rumit.

Pada kesempatan tersiarnya berita tentang wafatnya, kiranya bisa dianggap tidak pada tempatnya atau tidak etis kalau kita hanya melontarkan segala caci-maki atau sumpah serapah saja. Tetapi, akhirnya, kita semua harus berani dan bisa menilai Suharto apa adanya. Pada waktunya, kita harus "tega" dan berani menyatakan terus-terang fikiran dan perasaan kita, siapakah sebenarnya Suharto bagi rakyat, dan apa sajakah yang telah dilakukannya selama ia memimpin Orde Baru? Menilai Suharto secara benar, jujur dan adil adalah penting bagi negara dan bangsa kita, baik untuk dewasa ini maupun untuk masa dan generasi yang akan datang.

A. Umar Said

Catatan : Berhubung banyaknya berita, tulisan, dan berbagai bahan informasi mengenai wafatnya mantan presiden Suharto, maka website http://kontak.club.fr/index.htm)  telah membuka rubrik khusus yang berisi kumpulan berita atau tulisan mengenai persoalan ini, di bawah judul "Wafatnya mantan presiden Suharto". Silakan simak setiap hari rubrik ini, yang diusahakan selalu ditambah atau diperbarui.

 

Sphere: Related Content

No comments: